Masih
kental dalam ingatan kita bagaimana ramainya dunia pendidikan Indonesia
terutama dikalangan para operator baik operator sekolah maupun operator
madrasah pada saat telah dipublikasikanya surat edaran yang dikeluarkan oleh
Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 6587/B/PTK/2015 Perihal
Surat Edaran Penggunaan Dapodik dalam Pendataan Guru dan Tenaga Kependidikan
(GTK) yang intinya Kemdikbud tidak lagi menggunakan PADAMU NEGERI.
Pada
saat itu pula kami sempat menuliskan pandangan kami melalui sebuah artikel
dengan judul Portal Padamu Negeri resmi di tutup untuk sekolah, bagaimana
dengan Madrasah?
Kenapa
harus ada kalimat bagaimana dengan Madrasah?
Hal
ini dikarenakan pada surat edaran Ditjen GTK tersebut, sama sekali tidak
menyinggung bahkan pada tembusan suratpun juga tidak terdapat kata Kementerian
Agama, apalagi kata Madrasah.
Terkait
lanjut dan tidaknya PADAMU NEGERI bagi madrasah, sampai saat ini kita masih
menunggu kebijakan pasti yang berupa surat resmi dari Kemenag namun kemungkinan
besar Kemenag masih akan tetap menggunakan situs PADAMU NEGERI.
Tanda-tanda
bahwa Kemenag masih akan menggunakan PADAMU NEGERI dapat kita lihat dengan
telah mulai dipublikasikanya sebuah situs Pusat Layanan PTK Kemenag yang
ber-alamatkan pada http://kemenag.siap.id/.
Dimana situs ini merupakan pusat informasi pelayanan PTK dilingkungan Dirjen
Pendis Kementerian Agama.
Dalam
situs yang bernama Layanan Simpatika tersebut dijelaskan bahwa Pusat Layanan
PTK Kemenag merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri yang dirintis oleh
Kemdikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015.
Mulai
17 Agustus 2015, Kemenag mengembangkan secara mandiri Layanan SIM PTK Online
berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.
Melalui Layanan SIM PTK Online ini, Kemenag mengembangkan beragam program kerja
untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi: Digitalisasi Portofolio PTK,
Bantuan/Beasiswa PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu
PTK, dan beragam program lainnya
disadur dari abdimadrasah.com
0 comments: